Anak-anak Kadiwono Sambut Antusias Taman Bacaan SMI

Anak-anak Desa Kadiwono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, tak perlu pusing lagi mengisi waktu luang. Pasalnya Semen Indonesia telah membangun  taman bacaan yang bertempat di salah satu ruangan balai desa setempat. Taman Bacaan SMI itu diresmikan Pgs Dirut SMI Darmawan Junaidi, Kamis (15/6), yang juga dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz serta Wabup Bayu Andriyanto.
Selain di Kadiwono, SMI juga mendirikan tiga taman bacaan lain yang ada di desa sekitar pabrik Rembang, antara lain Desa Kajar, Pasucen dan Tegaldowo. Peresmian Taman Bacaan SMI ini disambut antusias puluhan siswa SD dan SMP yang menunggu di balai desa sejak pagi. “Kami dari SMI senang sekali bisa bertemu anak-anak sekalian. Hari ini kita resmikan taman bacaan di sini, tentunya ada banyak buku menarik yang bisa kalian pelajari isinya,” kata Darmawan saat memberikan sambutan.
Buku ibarat jendela dunia yang tidak hanya berfungsi untuk menambah wawasan, tapi juga bisa menuntun seseorang untuk meraih cita-citanya. Menurut Darmawan, SMI sejak awal bertekad menjadi bagian penting upaya-upaya mencerdaskan bangsa.
“Kami berharap anak-anak Kadiwono sukses meraih cita-citanya, baik yang ingin jadi tentara, dokter, atau mungkin guru. Yang ingin jadi tentara bisa belajar dari buku siapa tokoh yang bisa jadi panutan, misalnya Jenderal Soedirman. Atau mungkin bisa mempelajari sejarah perang dunia,” sambung mantan petinggi Bank Mandiri ini.
Foto bersama anak-anak Desa Kadiwono usai meresmikan Taman Bacaan Semen Indonesia
Darmawan menjanjikan, setelah taman bacaan nanti akan ada jaringan internet serta komputer yang bisa dimanfaatkan anak-anak. “Jadi anak-anak nanti bisa surfing, biar wawasanya tambah luas,” ujarnya, disambut tepuk tangan para siswa.
Wabup Rembang Bayu Andriyanto seusai meninjau taman baca tersebut bersama Bupati Abdul Hafidz sangat mengapresiasi program bantuan dari SMI. Kata dia, ini merupakan bentuk dukungan untuk pemkab dalam mensukseskan program literasi di Kabupaten Rembang. “Kami, Pemkab Rembang juga akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat untuk perpustakaan keliling supaya lebih baik, karena saat ini kita baru punya satu,” ungkap Bayu.
Dalam kesempatan itu Semen Indonesia juga membagikan tas sekolah kepada para siswa. Dengan demikian siswa yang ada di desa setempat  bisa semakin semangat bersekolah dan membaca. Pendirian taman bacaan di desa-desa sekitar Pabrik Rembang merupakan wujud Sinergi BUMN, di mana SMI menggandeng PT Balai Pustaka.
Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto menyerahkan perlengkapan sekolah kepada anak-anak Desa Kadiwono Rembang

Bupati Rembang Abdul Hafidz pada kesempatan itu mengapresiasi positif kepedulian SMI kepada warganya selama ini. SMI telah membuktikan dirinya hadir di Rembang tidak hanya untuk memburu keuntungan, tapi mau menyisihkan sebagian keuntungan untuk dibagikan kepada masyarakat. “Karena itu tidak ada alasan Pabrik Rembang tidak jalan, harus tetap jalan. Jangan sampai ada upaya-upaya yang mengganggu kelancaran operasi pabrik SMI di Rembang,” tandas bupati. (lin/fir/uke)