Desa Socorejo Berpotensi Menjadi Desa Wisata

Desa Socorejo, Kecamatan Jenu memiliki potensi menjadi desa wisata. Namun, untuk menjadikan desa yang berada di ring 1 Pelabuhan Semen Gresik menjadikan desa wisata diperlukan komitmen dari berbagai pihak antara pemerintah, stakolder, masyarakat, dan berbagai pemangku kepentingan.
”Potensi alam Socorejo, terutama pantainya sangat bagus, dan jika dikelola dengan baik bisa menjadi potensi wisata tersendiri,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Sulistiyadi, pada perlombaan perahu hias dan sedekah laut Desa Socorejo, Minggu (17/09) kemarin.
Menurutnya, pihaknya juga berkomitmen akan bekerjasama dengan pemerintah desa dan perusahaan yang ada disekitar Socorejo seperti PT Semen Gresik untuk menjaga daerah Socorejo terutama daerah pantainya agar layak menjadi daerah wisata. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya untuk menjadikan Socorejo menjadi desa wisata masyarakat harus menjaga kebersihan pantainya.
”Jika Socorejo bisa menjadi desa wisata secara otomatis perekonomian masyarakat akan terdongkrak naik,” ujar mantan Kabag Humas Pemkab Tuban tersebut.
Sementara itu, Direktur Produksi SG, Joko Sulistiyanto, mengungkapkan bahwa Desa Socorejo memiliki potensi alam yang cukup besar untuk wisata terutama pantainya memiliki pasir yang putih dan bersih. Namun, pengelolaannya untuk menuju desa wisata harus baik.
”Kita sadar keberadaan perusahaan ini belum bisa memuaskan semua pihak. Namun, kita memiliki komitmen agar keberadaan kita bermanfaat untuk masyarakat. Dan kita siap mensport Desa Socorejo menuju desa wisata,” tandasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Socorejo Arif Rahman Hakim, juga berjanji bila dalam kurun waktu satu tahun kedepan akan membuat pantai Desa Socorejo akan bersih dan indah. Sehingga, dapat menarik para wisatawan untuk mengunjunginya.
”Untuk saat ini kita mengakui bahwa pantai kita masih kotor, dan saya berjanji dalam satu tahun kedepan akan membuat pantai ini bersih dan indah sehingga layak dijadikan salah satu tempat wisata di Tuban,” pungkasnya.
Perlu diketahui, PT Semen Gresik bersama masyarakat Desa Socorejo juga telah melakukan penanaman cemara laut dan pohon mangrove sejak tahun 2011 lalu di pantai Desa Socorejo. Dan setiap tahunnya selalu luasan penanaman ditepi pantai tersebut juga selalu ditambah. (duc)
Source : kotatuban.com