Dua Atlet Swelagiri Binaan SMI Masuk Pelatnas Asian Games 2018

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan klub pecinta alam binaan Semen Indonesia, Swealigiri. Melalui cabang olahraga panjat tebing (climbing), klub yang baru saja merayakan hari jadinya ke 50 tahun pada 18 Mei lalu ini berhasil mengirimkan 2 atletnya masuk ke Pelatnas Asian Games 2018.

Masuknya 2 atlet panjat tebing Swealigiri ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia nomor 1754/SKP/PP-NAS/I/2017 tentang atlet-atlet tim pelatnas cabang olahraga sport climbing Asian Games 2018. Surat bertanggal 16 Januari 2017 yang ditandatangani Ketua Umum PP FPTI, Faisol Riza ini memasukkan nama Akbar Huda Wardhana dan Abudzar Yulianto dalam Tim Pelatnas Asian Games 2018.

Sekretaris Swealigiri, Bagus menjelaskan, 2 atlet Swealagiri tersebut berhasil masuk Tim Pelatnas Asian Games setelah melalui serangkaian seleksi. Abudzar Yulianto menurutnya masuk dalam jenjang senior kategori speed. Masuknya Abudzar Yulianto ini tak terlepas dari sepak terjangnya selama ini di dunia panjat tebing. Abudzar tercatat telah mengikuti sejumlah kompetisi internasional di Swiss, Turki hingga Paris.

Sementara Akbar Huda Wardhana masuk dalam jenjang senior kategori difficult. Akbar disebutnya memiliki jam terbang di tingkat Asia. “Masuknya Abudzar dan Akbar di Pelatnas Asian Games 2018 ini cukup membanggakan bagi kita (Swealagiri) sekaligus menjadi kado ulang tahun ke 50 untuk Swealagiri. Keduanya asli anak Gresik dan murni atlet Swealagiri,” bebernya.

Latihan yang rutin digelar tiap hari Senin, Rabu, Kamis dan Minggu disebutnya telah berhasil melahirkan atlet berkelas nasional bahkan internasional. Atas prestasi tersebut, pihaknya berharap ada revitalisasi peralatan latihan agar klub climbing kebanggaan Semen Indonesia ini dapat semakin memacu prestasi dengan melahirkan atlet-atlet berkelas dunia. (bwo)